Jumat, 18 Februari 2011

9_SISTEM JARINGAN .



1.       JARINGAN KOMPUTER.
Jaringan computer adalah beberapa computer yang saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinakan untuk saling berkomunikasi dan tukar informasi.

2.       MACAM – MACAM JARINGAN
Jaringan dibedakan menjadi beberapa macam. Dilihat dari segi cakupan geografisnya, jaringan dapat dibedakan menjadi dua yaitu: LAN, MAN, WAN dan GAN. Ditinjau dari, model koneksinya jaringan dapat dibedakan menjadi dua yaitu Peer to peer  dan  Client-server . sedangkan dilihat dari media penghubungnya jaringan dapat dibedakan menjadi jaringan dengan Teknologi kabel dan jaringan denga teknologi wireless.

a.       Jaringan menurut cakupan geografisnya
1)      LAN ( Local Area Network )
LAN merupakan jaringan computer yang dapat digunakan pada area tertentu. LAN dapat digunakan sampai jarak 10 km. Namun dalam praktek jaringan ini hanya digunakan pada lingkup yang sangat sempit misalnya pada sebuah gedung yang memerlukan hubungan antara computer yang satu dengan yang lainnya, di suatu sekolahan, Universitas tertentu, dan sebagainya,


2)      MAN (Metropolitan Area Network )
MAN merupakan jaringan computer yang cakupannya dalam satu kota. Jangkauan MAN lebih luas dari pada LAN yang dapat mencapai sampai beberapa ratus kilometer.


3)      WAN ( Wide Area Network )
WAN merupakan jaringan computer yang cakupannya lebih luas dari pada MAN dan LAN. WAN biasannya digunakan untuk menghubungkan antar computer yang satu dengan yang lain yang jaraknya cukup luas, misalnya hubungan antara kota yang satu dengan kota yang lain dalam suatu Negara.

4)      GAN ( Global Area Network )
Gan merupakan jaringan computer yang cakupannya paling luas. Jaringan ini menghubungkan computer – computer yang ada di Negara Negara di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar