Jumat, 18 Februari 2011

9_SISTEM KONEKSI INTERNET ( INTRANET )


Internet sebagai suatu sitem akan berfungsi dengan baik jika komponen – komponen yang ada dapat menjalankan perannya masing – masing dan saling mendukung antara komponen yang satu dengan yang lainnya komponen internet terdiri dari :
a)      Hardware
Yaitu perangkat keras berupa computer. Computer yang dapat dipakai untuk internet yaitu personal computer atau notebook. Computer yang dipakai untuk internet sebaiknya computer dengan spesifikasi minimal sebagai berikut ( atau yang lebih baik lagi ).

            
Di samping computer, diperlukan perangkat keras seperti modem, telepon/ Hp, microphone, kamera internet,m printer dan sebagainnya.  Tetapi perlu diingat bahwa perangkat keras selain computer tidak harus ada, sebab dengan cara koneksi internet yang berbeda akan diperlukan perangkat keras yang berbeda pula.
b)      Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang diperlukan antara lain software system operasi, software router/gateway, dan software browser. Software system operasi yang dapat digunakan antara lain Microsoft Windows 9x/ ME / NT / 2000, XP, Unix dan linux. Software router / gateway yang dapat digunakan antara lain : Kerio Winrouter 4.2.1 dan internet connection sharing dari Windows Netscape Navigator, Opera , neoplane, dan sebagainnya.
c)       Internet servis Provider
Agar computer dapat terhubung dengan internet maka perlu menghubungi jasa operator internet ( ISP ) terlebih dahulu. Salah satu ISP yang dapat dimanfaatkan adalah ISP dari Telkom yang disebut Telkomnet Instan.
d)      Teknisi Komputer
Agar komponen – komponen di atas dapat berfungsi dengan baik maka perlu adanya teknisi computer untuk mengoperasikan pertama kalinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar