Selasa, 15 Februari 2011

MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ( kls.7 Sm.2 )


Pengantar
 Pada saat kita memulai program aplikasi Microsoft Word, maka secara otomatis akan tampil sebuah lembar kerja baru yang masih kosong yaitu dengan nama Document1. Untuk mengubah      nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja ini. Lembar kerja dengan nama Document1 ini akan muncul setiap kita membuka aplikasi Microsoft Word, selanjutnya apabila kita membuka lembar kerja baru lagi maka yang muncul adalah  Documen2, Document3, dan seterusnya

Menjalankan Program  Microsoft Word

Keterangan:
1. Title bar  atau Baris Judul merupakan program aplikasi dari file yang aktif
2. Menu Bar (Baris Menu) berisi perintah berupa menu-menu perintah yang terdapat dalam      Microsoft word dimulai dari menu File sampai dengan Help.
3. Standard Toolbar berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya.
4. Formatting Toolbar berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat teks berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.
5. Ruler Lines (baris penggaris) berisi pengaturan paragraf, batas kiri dan kanan pengetikan, tabulasi, tepi kiri dan kanan ukuran kertas dan lain-lain.
6. Insertion Point  adalah  kursor atau titik sisip berbentuk garis yang selalu berkedip-kedip.
7. View Layout Toolbar adalah Jenis-jenis view berisi jenis-jenis tampilan layar baik normal, Web Layout, Print, Layout dan Outline.
8. Drawing Toolbar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga Word Art, Clip Art, Teks Box dan lain-lain.
9. Status Bar adalah Baris status, untuk menampilkan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada.
10. Horizontal scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas , untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan .
11.Vertical Scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas untuk menggulung layar ke atas dan kebawah
12. Restor down adalah ukuran untuk  menentukan besarnya layar tampilan, apakah diperbesar  penuh satu layar atau diperkecil.
13. Task Pane, adalah Perintah-perintah yang disediakan dalam bentuk panel perintah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar