Selasa, 18 Januari 2011

Dampak Negatif Komputer terhadap Kesehatan ( Kls.7 Sm.1 )

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang banyak mendatangkan manffaat bagi penggunanya, karena terdapat nilai – nilai efisiensi dan evektifitasyang akan diperoleh. Namun disisi lain, terdapat aspek yang membahayakan yang perlu kita antisipasi. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan kesehatan kerja selamapenggunaan computer tersebut.
Karakteristik gangguan kesehatan itu cenderung pada gangguan atau cedera tingkat rendah yang muncul lambat – laun setelah menggunakan computer secara salah dalam periode yang lama dan berulang. Walaupun muncul secara lambat dan bertahap, hasil akhir tetap sama berupa gangguan kesehatan yang serius seperti gangguan saraf, gangguan pengelihatan, cedera otot dan mpergelangan, dan sebagainya. Gangguan tersebut rata – rata diakibatkan oleh kurangnya aliran darah serta ketegangan dibagian tubuh tertentu secara terus – menerus dan berulang. Hal ini bisa berlangsung bertahun – tahun sebelum gangguan ini muncul sebagai suatu cedera yang serius.
Apabila kamu termasuk seorang yang memiliki intensitas pemakaian computer tinggi, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan, maka sisi kesehatan ini penting untuk kamu perhatikan secara serius mulai saat ini.
Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian computer yang salah dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
1.     Gangguan pada bagian mata dan kepala
2.     Gangguan pada lengan dan tangan
3.     Gangguan pada leher, pundak, dan punggung
Gangguan pada bagian mata dan kepala kita sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yang lebih serius dan lebih permanen seperti kemampuan focus mata menjadi lemah, pengelihatan kabur ( astigmatisma, miopi, presbiopi ), pandangan ganda, hingga diseontirasi warna.
Gangguan pada lengan dan tangan mulai dari nyeri padapergelangan tangan kerena gangguan pada otot tendon di bagian pergelangan, nyeri siku, hingga cedera yang lebih serius seperti Carpal Tunnel Syndrome, yaitu terjepitnya saraf dibagian pergelangan yang menyebabkan nyeri sekujur tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar