Selasa, 18 Januari 2011

Pengatur Perangkat computer ( Kls..7 Sm1 )

1.   Tempat kerja
Mengatur komponen tempat kerja kita agar sesuai dengan kebutuhan merupakan factor paling penting untuk mendapatkan kondisi keja yang nyaman. Luangkan waktu beberapa menit sebelum kamu berkerja, pikirkan dan tentukan bagaimana lay-out dan posisi terbaik perangkat kerjamu sehingga dapat dimanfaatkan secara efektif.
Untuk itu pastikan hal – hal berikut :
a.       Cukup tempat di mejamu untuk menata posisi yang paling nyaman untuk CPU, moitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku, dan sebainya.
b.       Aturlah meja dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat itu akan digunakan, seperti moyse tempatkan posisi yang paling mudah di jangkau.
c.       Atur pencahayaan ruang kerja secara optimal. Cahaya yang terlalu kuat mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam, cahaya rendah bisa berpotensi mengkibatkan gangguan pada mata kita.
d.       Buku, laporan, atau bahan cetakan lain yang dibutuhkan pada kerja dengan computer sebaiknya diletakan di dekat monitor.
2.   Kursi
Kursi merupakan salah satu komponen penting di tempat kerja. Kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi ynag baik dan akan membantu manghindari ketidaknyamanan. Pilih kursi yang nyaman, dapat diatur, dan memiliki penyangga punggung.
3.   Keyboard
Sebagai perangkat input, perangkat ini mutlak diperlukan dan selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan computer. Untuk pemakaian yang yaman usahakan dalam posisi sebagai berikut
a.       Posisi keyboard agar lengan kita dalam posisi relaks dan nyaman
b.       Gunakan keyboard yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukutan jari dan posisi lengan.
4.   Mouse
Tempat mouse didekatkan di permukaan yang sama pada keyboard sehingga kita dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda.
5.   Monitor
Posisi layar monitor diatur sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir pentulan cahaya dri lampu, jendela atau sumber cahaya lainnya. Apabila tidak memungkinkan untuk mengatur posisi layar monitor, pertimbangkan untuk memasang filter didepan layar monitor. Untuk kemyamanan, atur monitor agar mata kita sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm dibawah bagia atas casing monitor. Monitor yang terlalu rendah akan meyebabkan leher dan pundak kita nyeri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar