Selasa, 18 Januari 2011

Keuntungan Penggunaan TIK ( Kls.7 Sm.1 )

A.                        Pendahuluan
Teknologi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan bahwa evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujua atas hasil kerja keras para jenius, yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemidahan untuk aktifitas kehidupan dan selanjutnya memperoleh manfaat dari padanya. Terdapat urutan yang sistematis dalam perkembangan teknologi, diawali dengan persoalan yang diciptakan atau yang dihadapi dalam keseharian. Ilmu   pengetahuan dasar seperti fisika, matematika, kimia menjadi modal utama dalam memecahkan persoalan dan menciptakan teknologi.

B.  Keuntungan Penggunaan TIK
1.       Memudahkan Orang dalam Berkomunikasi dan Memperoleh Informasi
TIK sangat berkaitan erat dengan internet. Behkan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa wujud dari TIK adalah internet. Anggapan ini benar namun tidak tepat. Sebagai slah satu teknologi hasil konvergensi antara teknologi informasi dan telekomunikasi, internet menghubungkan jutaan manusia di muka bumi ini, tanpa para komunkan ( penerima informasi ) perlu mengetahui keberadaan lawan komunikasinya. Informasi dapat dikirim dan diterima dalam berbagai bentuk, suara, gambar, data, teks, maupun kombinasi dari semua itu.melalui internet ini pula, terbentuk komunitas maya yang berkumpul sesuai dengan minatnya masing  - masing.
2.       Membuka Peluang Bisnis Baru
Fenomena perubahan yang muncul seiring dengan maraknya internet adalah tumbuh menjamurnya bisnis berbasis internet semacam cfetik.com. nama – nama situs dagang  di internet semaca Google, Yahoo, Amazon,eBay, lelang.con, indoexchange.com. Klikbca, dan lain sebagainnya sudah menjadi istilah familiar di kalangan bisnis dan pengguna TIK. Awal tahun 1999 hingga akhir 2000, dunia bisnis pernuh mengalami booming dotcom, suatu model bisnis baru yang dikembangkan dengan menggunakan internet sebagai sarana dan media transraksi.
3.       Mendorong Tumbuhnya Proses Demokrasi
Setelah lebih dari tiga decade di bawah kepemimpinan nasional yang otoriter dan dengan demokrasi perwakilan yang semu, kekuasaan presiden hampir tak terbatas, dan maraknya perilaku yang bersifat kolusi dalam arena politi nasional, dorongan perubahan kea rah Negara Indonesia yang lebih demokratis menjadi semakin mudah dengan adanya fasilitas TIK.
4.       Meningkatkan kualitas dan Kuantitas Layanan Publik
Dampak TIK tidak saja melanda perusahaan atau organisasi privat atau swasta. Al Gore dikala menjadi wakil Presiden Amerika Serikat, menjadi pejabat Negara pertama di dunia yang menyatakan perlunya birokrasi pemerintahan dalam memanfaatkan TIK, terutama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan public
5.       Meningkatkan Layanan Informasi Kesehatan Jarak Jauh
Melalui bantuan TIK, kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan Bidang tersebut memerlukan TIK untuk informasi dan pemahannya. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan TIK dibidang kesehatan tersebut. Diantaranya TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di Negara – Negara berkembang.
6.       Memperbaiki Pendidikan melalui e-Learning
Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut juga dengan istilah e-learning. Melalui e-learning ini pembelajaran jarak jauh ini dapat dimungkinkan sehinnga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara Negara maju dan Negara berkembang. Kita bisa belajar bersama dengan siswa di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat ataupun Negara – Negara Eropa Lainnya yang melalui fasilitas e-learning ini.
7.       Mengembangkan kemampuan dan Kesadaran Masyarakat
Pengembangan kemampuan biasannya berkaitan dengan pembinaan keterampilan dan kemampuan dasar organisai ( atau individu ) untuk membantu mereka mencapai tujuan pembangunan. Warung – warung informasi dusun di Podiccherry, india telah merangkul program demikian. Mereka menggunakan TIK untuk meningkatkan kesadaran masyarakat miskin akan program – program pemerintah dan bantuan yang menjadi hak mereka. Mereka punya bank data yang mendaftarkan lebih dari dari 100 jenis bantuan.
8.       Memperkaya Kebudayaan
TIK dapat menguntungkan, maupun merugikan atau mengancam kebudayaan Indonesia. Mengancam, karena dapat menggulung kebudayaaan – kebudayaan setempat dalam proses globalisasi yang tak terbendung. Akan tetapi, TIK juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok – kelompok yng terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif dan sesuai dengan kemauan mereka.
9.       Menunjang Pertanian
TIK dapat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih, dan harga pasaran. Kegunaan TIK juga menguntungkan para petani dalam hal memungkinkan mereka ikut serta dalam kegiatan advokasi dan kooperasi.
10.   Menciptakan Lapangan Pekerjaan
Berkat pemenfaatan TIK maka terbuka dua bidang lapangan kerja. Pertama, para pencari pekerjaan dapat menggunakan TIK untuk mencari peluang kerja di kota atau di daerah terdekat. Kedua, mereka melakukan pekerjaan baru yang tercipta akibat pemakaian TIK. Masyarakat miskin dipedesaan kekurangan kesempatan kerja karena mereka kebanyakan tidak dapat mengakses informasi tentang hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar