Sabtu, 22 Januari 2011

Menggunakan computer dengan posisi yang benar ( Kls.7 Sm.1 )

1.  Pandangan Mata
Untuk mengurangi rasa sakit terhadap mata akibat pandangan focus ke layar monitor, disarankan agar monitor memiliki layar anti silau, atau memakai kacamata berwarna.
2.  Posisi Tubuh
Posisi duduk yang kurang tepat dapat membuat kita kurang nyaman di depan computer.  Oleh karena itu, carilah kursi yang dapat menyangga punggung dan membuat kaki dapat menjangkau lantai. Siku dan lutut harus membentuk sudut 90 derajat serta duduk harus tegak.
3.    Letak pergelangan tangan,Jemari Tangan, dan Lengan
Pada saat mengetik, pastikan bahwa letak pergelangan tangan, jemari tangan, dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit Repetitive Strain Injury/ penyakit radang sendi yang disebabkan bila seorang bekerja menggunakan mouse dan keyboard pada posisi yang tidak benar.
4.  Beristirahat
Beristirahatlah selama 10 menit setelah bekerja 1 jam di depan computer agar mata dan organ tubuh lainnya juga beristirahat.

5.  Perawatan Komputer

a.     Merawat Prangkat Keras
Computer memerlukan perawatan supaya tahan lama. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat perangkat keras.
·         Hindarkan dari rokok dan debu
·         Hindarkan dari suhu dan kelembapan tinggi
·         Jauhkan dari makanan dan minuman
·         Gunakan program khusus untuk melindungi atau park hard disk saat menggerakan unit system. Letakan floppy disk pada floppy disk drive
·         Simpan floppy disk di tempatnya
·         Jangan sering menyalakan dan mematikan computer dalam sehari
·         Jangan biarkan monitor menyala terlalu lama dengan program yang sama
·         Jangan biarkan computer memakai stop kontak yang sama dengan peralatan elektronik lainnya seperti kulkas, radio, televise, dan peralatan elektronik lain karena dapat membahayakan keselamatan
b.     Bila Timbul Masalah
·         Bila computer berhenti bekerja, pertama – tama periksalah semua kabel yang terhubung dengan computer. Periksa stop kontak computer tidak terhubung peralatan elektronik lain, misalnya alat penyedot debu.
·         Bacalah semua perintah yang ada sehingga memudahkan kita.
·         Hubungi perusahaan perangkat lunak dank eras ditempat membeli computer karena mereka memberikan jasa untuk memecahkan masalah yang timbul.
c.      Mengelola File
Pastikan file pada hard disk disusun pada directory sehingga mudah menemukannya. Jangan lupa menyalin file ke dalam floppy disk atau cd sehingga jika file dalam hard disk rusak maka masih ada salinannya. Hal ini disebut backing up. Saat mem-back up file yang sudah terpakai, pindahkan file dari hard disk. Hard idsk yang sudah penuh dan data yang bercampur aduk akan membuat computer berjalan lambat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar