Selasa, 18 Januari 2011

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( Kls.7 Sm. 1 )

Perkembangan dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dipaparkan di atas tidak terlepas dari perkembangan alat hirung, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit seperti computer.

1.     Sejarah perkembangan alat hitung
Awalnya, nenek moyang kita belum mengenal lambang bilangan. Tetapi mereka tetap dapat menghitung binatang ternak yang dimilikinya. Bagaimana cara mereka melakukannya? Setiap pagi ketika mereka melepaskan ternaknya untuk digembalakan, mereka membuat keratan pada pohon. Satu keratin untuk satu hewan ternak. Pada sore harinya ketika membawa kemali hewan ternaknya ke kandang, mereka memperpadankan setiap hewan ternak dengan satu keratin yang terdapat pada pohon tadi. Dengan cara seperti itulah orang melalakukan perhitungan.  
Seiring dengan waktu dan ditemukannya lambang bilangan, alat hitung mengalami kamajuan. Sekitar 1800 tahun yang lalu ditemukan alat hitung sederhana yang disebut dengan sempoa. Sempoa paling tua ditemukan di mesopotania di Pulau Salamis dan Hiroglif Fir’aun di Mesir.
Jika dahulu kita hanya bisa malakukan perhitungan secara analog, maka seiring dengan kemajuan teknologi alat hitung pun mengalami berbagai kemajuan. Kini kita bias berhitung secara digital dan cepat dengan menggunakan kalkulator. Kalkulator membuat proses berhitung yang rumit menjadi cepat. Proses perkalian, penambahan, pengurangan,pembagian,atau fungsi lain seperti sinus, cosines, dan tangent, dapat dengan mudah diambil alih oleh alat hitung pintar ini.jenis dan ragam kalkulator pun bervariasi. Mulai dari model yang paling sederhana hingga kalkulator scientific yang sangat fitur.
Perkembangan alat hitung itu telah memungkinkan kita untuk mengembangkan teknologi alat hitung yang lebih rumit dan canggih. Kemajuan alat hitung merupakan cikal bakal dari perkembangan computer.

 Sempoa



Calkulator

Calkulator Scientific


Tidak ada komentar:

Posting Komentar