Selasa, 18 Januari 2011

Sejarah Perkembangan Komputer ( Kls.7 Sm.1 )

Sekarang ini kita hampir tidak bisa melepaskan diri dari suatu peralatan teknologi yang bernama computer. Hampir dimana pun kita berada, kita dapat menemukannya.
Komputer berasal dari kata to computer yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan computer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya computer itu sama saja dengan alat hitung.
Sejarah computer berawal dari dikenalkannya alat hitung sederhan yang yang disebut sempoa. Selanjutnya, pada tahun 1917 John Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael  bujur sangkar yang terdiri dari 9*9 kolom yang masing – masing berisikan angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan nama tulang – tulang Napier. Di tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju hitung yang bersifat mekanis.
Blaise Pascal , seorang ahli metematika menciptakan kalkulator roda numeric untuk membantu ayahnya melakukan perhhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini ynag dinamakan  Pascaline.
Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.  Pada tahun 1694 , seorang matematika wan dan filsuf jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz memperbaiki  Pascaline  dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian.
Pada tahun 1890, Herman Hollorith  dari biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan  Punch card sebagai media datanya.penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah computer, sehingga Hermam Hollorith dijuluki sebagai bapak computer modern.
Di tahun 1944,  Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan  Internasional Bisiness Machine, berhasil membuat sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan serentetan operasi arimatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark I dan dapat dikatakan sebagai computer pertama yang diciptakan manusia.

a.   Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua. Computer generasi ini memiliki cirri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan computer sulit di program dam membatasi kecepatannya. Computer pada generasi  ini membutuhkan banyak daya. Contohnya adalah Electronic numeria Integratoran Computer ( ENIAC ) yang membutuhkan daya 160 kw. Cirri lain dari computer genersi pertama adalah pengguna tube vakum yang membuat computer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Selain itu, computer pada masa itu pun memiliki silinder magnetic yang digunakan untuk menyimpan data.
b.   Komputer Generasi Kedua
Pada computer generasi kedua, tube vakum telah digantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran computer berkurang drastic. Pada computer generasi kedua telah terjadi pula perkembangan memori anti magnetic yang membantu pengembangan computer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat lebih menghemat energy dibanding pendahulunya.komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan – singkatan untuk menggunakan kode biner.

                                                                    Komputer Generasi Kedua

c.   Komputer Genersi Ketiga.
Komponen Transistor yang digunakan pada computer generasi kedua digantikan dengan integrated circuit ( IC ). Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian – bagian internel computer. IC mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Ilmuan pun berhasil memasukan lebih benyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya, computer menjadi sema.

  komputer Generasi ketiga
d.   Komputer Genersi Keempat
Pada generasi ini, tujuan pengembangan computer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen – komponen elektrit. Computer sudah menggunakan  Large Scale Integration (LSI). LSI dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunnya harga computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,efisien,dan keterandalan computer. Cirri lain yang dimiliki computer pada generasi keempat adalah dikembangkannya computer mikro yang menggunakan  Micro Processor dan Semi Conductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
e.   Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima ini masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration ).Komputer pada generasi ini akan dikembangkan kepada computer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap – cakap dengan manusia, dan dapat melakukan diagnos apenyakit dengan akurat. Selain itu, computer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar