Selasa, 18 Januari 2011

Media Komunikasi Modern ( Kls.7 Sm.1 )

Seiring dengan kemajuan teknologi, media komunikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat dapatkah kam menyebutkan apa sajakah yang termasuk sebagai media komunikasi modern? Berikut akan kita bahas beberapa media komunikasi modern.

a.  Telepon
Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakan kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan orang yang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.
Jika semula telepon hanya terbatas pada pelepon tetap ( fixed line telephone ), maka sejak 3 april 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nam telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan handphone ( disingkat HP ). HP merupakan salah satu teknologi kkomunikasi yang saatini marak oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP hanya digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer. Fungsi HP kni tidak hanya sebagai alat kominikasi yang efektif, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise 9 gengsi ).
Telepon pertama yang dibuat oleh Alexander Graham Bell

Fixed Line Telephone

a.  Koran ( Surat Kabar )
Setiap pagi bagi kebanyakan orang terasa kurang lengkap jika tidak membaca selembar Koran untuk menemani mereka sarapan atau minum kopi. Koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas Koran, yang berisi berita – berita terkini dalam berbagi topic. Topiknya biasanya berupa kejadian polotik, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca. Surat kabar biasanya bias berisi kartun, teka-teki silang ( TTS ).
Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM ( Sebelum Masehi ) di kekaisaran Romawi Kuno. Saat itu Koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk  “Ada Diurna” . Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk  “Relation” . Koran tertua didunnia yang saat ini masih terbit adalah “Post-och Inrikes Tidningar”  dari Swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645.
Saat ini Koran tidak berbentuk kertas, tetapi juga disertai dengan versi on-line-nya di internet.


koran ( Surat Kabar )
a.  Televisi
Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat popular. Hampir seluruh rumah tangga di dunia ini mempunyai sebuah atau lebh televise. Tetapi, apakah Televisi itu? Televisi atau yang sering kita sebut sebagai TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata  tele yang berarti jauh dan visio yang berarti tampak. Jadi, televise melihat dari jarak jauh.
Televisi diciptakan dari berawal dari ditemukannya cakram metal (Logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Jika dulu kita hanya bias menikmati televise hitam-putih, maka sekarang kita bias menikmati televise berwarna. Layar televiasi pun telah mengalami perubahan dari televise layar cembung ke televise layar datar.

b.  Internet
Internet merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan computer sekitar tahun 1960. Pada awalnya,, jaringan computer dimanfaatka oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Setelah itu, di tahun 1970 interet banyak digunakan di universitas Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini.
Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli computer dari inggris menciptakan World Wide Web (WWW), yaitu semacam program yan memungkinkan suara, gambar, film, dan music ditampilakan dalam internet. Karena penemuan inilah nternet menjadi lebih menariktampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi, saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung lewat internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar